Pages

Kata motivator

"Dalam Setiap cerita kesuksesan, anda akan menemukan seseorang yang telah mengambil keputusan dengan berani."

Tung Desem Waringin

Tuesday, April 23, 2013

Seputar Kehidupan


Dalam bahasa indonesia

Tanjung pandan adalah tempat lahir ku, di sebuah rumah sakit umum daerah satu-satunya. Tanjung pandan adalah ibu kota kabupaten untuk daerah kepulauan belitong. Dahulu, ikon kota ini adalah sebuah tugu dengan nama "Jam Gede". Tapi saat ini sudah kalah dengan ikon baru "tugu batu satam".

Bukit Jaya RT 11 RW 04, Desa buding adalah tempat dimana aku dibesarkan, Dahulu tempat ini lebih dikenal dengan nama "Tana mira" yang berarti "tanah merah", belum pernah melakukan penelitian secara khusus untuk alasan ini, tetapi kemungkinan besar, dikarenakan di dusun ini berstruktur tanah yang beberapa persen diantaranya berwarna merah. tanah merah ini biasa kami sebut "tanah luko" yang biasa digunakan untuk dijadikan jalan sementara (sebelum jalan di aspal).

Berhubungan dengan "tugu satam" di kota tanjung pandan, "satam" adalah istilah lokal orang belitong. konon kabarnya "satam" adalah serpihan batu meteorid yang pecah. "satam" adalah cinderamata khusus yang sampai saat ini masih belum banyak di ketahui orang. dipercaya orang lokal, "satam" adalah sebuah batu yang hidup. ada beberapa orang lokal yang menyimpan benda ini di dalam sebuah wadah yang didalamnya dipasang air, dengan keyakinan benda itu bisa hidup dan tumbuh besar . Keyakinan lainnya, apabila benda ini dipukul dan pecah, maka benda ini bisa di yakini benda ini (dianggap) mati. ada cara unik untuk membagi "satam" menjadi beberapa bagian. yaitu dengan memotongnya atau membaginya dengan selembar daun sirih. tak masuk akal, tapi inilah rumor yang diterima dari masa lalu.

Tri saputra

No comments:

Post a Comment